Pages

Microsoft dan Facebook Dituduh Sebabkan Global Warming

Greenpeace telah menuduh Facebook, Apple, Microsoft, Google dan sejumlah perusahaan teknologi lainnya atas kontribusi meningkatnya pemanasan global (global warming). Menurut report dari Greenpeace, yang berjudul "Make IT Green: Cloud Computing and its Contribution to Climate Change", mengingatkan bahwa pusat data dari komputasi cloud, termasuk Google, Facebook, Microsoft, Yahoo, dan sebagainya dalam bagian yang besar dapat menghabiskan bahan bakar batubara sehingga menyebabkan global warming. Greenpeace menuduh bahwa perusahaan teknologi tersebut tidak membuat pusat data yang menggunakan energy alternative, atau membuat perubahan policy.

     Sebelumnya, Greenpeace juga mengkritik Facebook atas pembelian listrik untuk data center yang menggunakan lebih banyak bahan batubara daripada sebelumnya. Greenpeace kemudian membentuk grup di Facebook untuk menghentikan penggunaan batubara secara berlebihan. Pernyataan tersebut juga diakui oleh Facebook, namun Facebook mengatakan menggunakan server dengan air-cooling bukan AC (air-conditioning), sehingga akan menghemat listrik.

     Menurut Greenpeace, Apple, Facebook, Microsoft, Yahoo dan Google hendaknya membangun pusat data di area yang bisa mendapatkan listrik dari bahan baku dapat diperbarui dan mengurangi penggunaan batubara. Pernyataan Greenpeace tersebut sebagian benar, namun perusahaan teknologi tersebut juga melakukan hal yang benar. Hal ini dikarenakan Google, Yahoo dan Microsoft telah mengalokasikan pusat data di dekat sumber daya yang bisa diperbarui, seperti Google yang membeli penghasil carbon untuk menutup penggunaan batubara sehingga tanpak efisien energy, dan bisa membantu mengurangi pemanasan global. Namun, tetap Greenpeace benar soal industry yang perlu memindahkan pusat data dekat sumber daya yang bisa diperbarui, dan memaksa soal penghentian penggunaan batubara.




sumber : http://www.beritanet.com

18 komentar:

thnxs for info....good luck ya,...

wah moga bisa beralih ke bahan bakar yang bisa di perbarui biar ga di tutup

Dunia memang sudah tua kali ya??

ohhh jadi kita ikut menyumbang pemanasan global ya?

Hiii...serem.......Eh banner/buttonya ukh ra mana?ane mau pasang di blog nih.Biar banyak yg mampir gitu?

waduh bisa brabe nieh klo gak ada mbah google:g:

saya kok ngerasa gimana ya sama grinpis..!

tapi masuk akal juga ya :(
hmmm jadi dilema nih

Wah saya baru tau tuch...,
salam kenal sobat...
Kunjungan dini hari

Akan lebh baik jika semua perusahaan IT memberikan sumbangsing yang lebih besar guna menghindari pemanasan global, misal dengan menggerakan penanaman pohon dsb, namun kalo sudah sedemikian parahnya, perlu adanya waktu barang sehari dalam seminggu untuk menghentikan aktivias dalam IT world, demi bumi kita. Salam blogger.....

bener perlu kreatifitas lagi supaya bahan bakarnya bisa dganti ke yang tidak mrugikan bumi :)

wah ternyata.... aku baru tahu! :b:

Nah kalo untuk Google, dan Kawan-kwan boleh boleh saja.. asal ada penanggulangannya... Salut deh Buat Mereka... Disamping dapat dimanfaatkan sebagai teknologi, juga tak menyebabkan Global Warming. tapi apa harus Batubara sebagai bahannya?

wah gawt tuh.... bisa2 kita ikutan kebakar... ^^

Wiw, kok bisa ya?
Trus gmna mcrsft ngadepinnya?

Wah, saya baru tahu ini dik... :)
Maaf awardnya baru saya posting sekarang..

ok sahabat...
semoga dalam memecahkan jalan tengahnya,.
memang demi BUMI bukan hanya untuk kepentingan segelintir orang,...

Setuju sih sob, tapi dilema juga, karena saya sendiri menggunakan FB setiap hari...mudah mudahan dimasa depan ada terobosan baru buat ngurangin global warming secara signifikan

Post a Comment